Tinggi Raja, Kawah Putih dan Biru Sumatera Utara

11:30 PM

Medan | Tinggi Raja Kawah Putih dan Biru, mungkin belum terkenal dibandingkan tempat wisata lain di Sumatera Utara. Walaupun sebenarnya tempat wisata ini sudah pernah populer di tahun 1980-an. Namun karena kurang promosi dan tidak dikelola dengan baik, jadi sempat terlupakan. Tapi keindahan alamnya tidak diragukan lagi.

Kawah biru tinggi raja

Tinggi Raja merupakan cagar alam yang berada di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Waktu tempuh dari kota Medan diperkirakan antara 3-4 jam. Sebelum mencapai objek wisata Kawah Biru ini, kita harus menyusuri hutan yang ditumbuhi oleh pohon pandan besar dan berbagai flora lainnya, juga menapaki ratusan anak tangga.

Untuk sampai ketempat ini ada beberapa rute yang bisa dilalui diantaranya yaitu:
Medan >> Lubuk Pakam >> Galang >> Dolok Masihul >> Nagori Dolok >> Dolok Tinggi Raja
Medan >> Lubuk Pakam >> Tebing Tinggi >> Dolok Merawan >> Dolok Tinggi Raja
Medan >> Lubuk Pakam >> Galang >> Bangun Purba >> Dolok Tinggi Raja


Masing-masing rute memiliki waktu tempuh yang hampir sama yaitu 2,5 - 3 Jam perjalanan dengan Sepeda Motor. Akses jalan yang dilalui pun cukup beragam, mulai dari aspal yang bagus, hingga berlubang dan puncaknya jalan berbatu-batu yang terkadang bila hujan, jalanan menjadi jalur yang cukup ekstrim untuk dilalui. Disinilah letak lemahnya pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur jalan, yang masih kurang diperhatikan, padahal objek wisata ini telah ramai dikunjungi oleh ribuan orang.

Danau air kapur yang panas tinggi raja

Agak capek sih, tapi semua capek itu terbayarkan setelah melihat pemandangan yang terbentang di depan mata. Undak-undakan bukit belerang yang putih seperti salju yang mengalirkan air panas ke kawah besar dibawahnya, membentuk kolam berwarna biru dan sangat jernih. Sehingga kelihatan sampai dasarnya. Hampir mirip dengan Kawah Putih yang ada di Bandung

Tapi bukan hanya itu, di balik kawah ini  juga terdapat sungai. Di sinilah tempat orang untuk mandi-mandi karena airnya dingin. Uniknya, di sungai ini terdapat tebing-tebing kapur yang terbentuk dari endapan belerang dengan kombinasi warna yang sangat menarik.

Danau tinggi raja yang ramai dikunjungi wisatawan

Terdapat gua yang membentuk kolam kecil berisi air hangat dan sangat jernih pula. Jadi bisa puas mandi-mandi setelah menikmati keindahan pemandangan alamnya. Tinggi Raja nan eksotik, akankah kau bertahan, apa lagi dengan kondisi dimana warga sekitar sering melakukan pungutan liar kepada wisatawan dengan alih-alih perbaikan dan perawatan jalan.

You Might Also Like

0 komentar

Comments
0 Comments