Pagoda Emas di Taman Lumbini Sumatera Utara

5:25 PM

Medan | Pagoda Emas di Taman Lumbini Sumatera Utara, pagoda taman lumbini ini terletak di Desa Tongkah, Kecamatan Dolat Rakyat, Sumatera Utara. Nama "Lumbini" diambil dari nama sebuah daerah di kaki gunung himalaya yang merupakan tempat kelahiran pangeran Siddharta Gautama. Pagoda taman lumbini ini resmi buka untuk umum sejak tahun 2010.


Pagoda emas taman lumbini

Pagoda lumbini, dikarenan jarak tempuh waktu dari medan ke lokasi ini hanya sekitar 1jam 30 menit, keisengan saya muncul saat hari minggu untuk berwisata ke tempat ini, Tempat ini rekomendasi untuk dikunjungi jika kamu hanya sejenak singgah dikota Medan, karena aksesnya dekat.

Untuk sampai kelokasi ini, bisa menggunakan kendara pribadi atau tranportasi umum seperti angkutan Bus Sutra. Cukup turun di simpang tongkoh (simpang ini dapat dikenali dengan adanya tugu buah jeruk di tengah pertigaan. Disepanjang perjalanan menuju pagoda taman lumbini akan disugukan dengan pemandangan perkebunan strowbery dan kol.

Kebun kol saat sekitaan jalan menuju taman lumbini
Untuk masuk kesini pun tidak memerlukan biaya sama sekali, anda cukup mengisi buku tamu yang terdapat di gerbang masuknya. Tetapi di wajibkan untuk tidak membawa makanan dan minuman dalam kemasan karena dikhawatirkan akan membuat area pagoda kotor dengan sampah wisatawan.


Saya di depan pagoda emas

Warna bangunannya yang seluruhnya diselimuti oleh cat berwarna emas sangat menarik perhatian dan menambah pesona ke indahannya. Selain bangunan pagoda, disekitaran komplek pagoda  taman lumbini yang beukuran 3 hektar ini juga terdapat taman dan kolam yang indah. Patung-patung biksu juga membah keindahan di  pagoda taman lumbini ini.

Ngeteh dan makan mie rebus di panatapan

Saat singgah ke pagoda ini, sempatkan pula singgah dipanatapan untuk sekedar ngopi atau ngeteh, karena lokasinya dekat dengan pagoda. Biasanya wisatawan dari medan menyempatkan singgah ke panatapan untuk makan jagung bakar.

You Might Also Like

0 komentar

Comments
0 Comments