Di Balik Layar Kualitas dan Kecepatan Jaringan XL

10:00 PM

Ponsel, siapa yang tidak punya benda ini. Benda yang sudah tidak menjadi barang mewah sudah berada di semua kalangan. Paket data internet menjadi pasangan yang tidak dapat dipisahkan dari smart phone. “Smartphone tanpa paket data, buang aja smartphonenya”, seperti itu tutur salah seorang anak muda.

Komunitas Blogger Medan di MSC XL Tanjung Morawa
Selaku pengguna smartphone gsm, pernahkah terpikir bagaimana semuanya terjadi? Bagaimana proses pengiriman suara saat kamu bertelephone? Bagaimana proses pengiriman teks saat kamu ber-sms? Kemana saja data saat ber chatting, video call, dan penggunaan jejaring social lewat hingga diterima orang lain? Apakah semua data komunikasi itu tersimpan di server provider?
XL, menyoroti provider seluler ini. Baru saja provider jaringan seluler ini mengajak saya bersama komunitas blogger medan untuk berkunjung ke Mobile Switching Center (MSC) yang berada di Kawasan Industri Medan Star Tanjung Morawa. Disini semua pertanyaan diatas terjawab, di pusat komunikasi data seluler XL.

Saya tidak akan bercerita terlalu detail dengan bahasa teknologi tentang bagaimana proses saat kamu coba menguhubungi teman kamu. Proses sederhanya, saat kamu menekan satu nomor untuk bertelephone, ponsel akan mengirimkan data berupa no tujuan melewati BTS (Base Transceiver Station) yang merupakan menara pemancar dan penerima signal yang biasa dilihat di lingkungan sekitar kita. BTS ini akan menyampaikan data tersebut ke MSC. MSC akan mengenali no anda dan melakukan pengecekan banyak pulsa serta masa aktif sebagai autentikasi melakukan telephone, jika tidak memiliki pulsa tentunya data tidak akan diteruskan. Setelahnya, no tujuan akan dicari posisinya berada di jangkauan BTS mana. Inilah hebatnya si MSC ini, dia selalu mencatat dan mengetahui posisi ponsel secara real time. Jika data sudah ditemuakan makan komunikasi telephone akan disampaikan ke BTS dimana no tujuan berada dan berderinglah no tujuan. Jika no tujuan tidak aktif adau berada diluar jangkauan, maka si MSC akan mengalihkan proses tadi ke mesin penjawab. Proses yang panjang, tapi tahukah kamu, proses panjang ini hanya dilewati dengan waktu hitungan detik bahkan milli detik.

Perangkat jaringan MSC XL Tanjung Morawa
Jadi, hentikan pemikiran dimana saat kamu mulai bertelepon data akan terkirim ke angkasa luar diterima satelit dan kemudian satelit menerukan ke nomor tujuan kamu.

Mobile Switching Center (MSC), ini merupakan tempat yang penting dalam proses komunikasi seluler dimana merukanan jantung penentu komunikasi. Untuk XL sendiri memiliki 3 MSC di Sumatera dan salah satunya di Medan (tanjung morawa). Tempat ini memang seharusnya dirahasianakan letaknya dan dijaga kemanannya.

Tempat ini membuat saya kagum, bagaimana cara XL menjaga tempat ini, menjaga kualitas jaringan mereka, menjaga kebutuhan komunikasi pelanggannya. Gedung ini tidak sedikitpun memiliki pernak-pernik XL. Memiliki system keamanan yang terjaga oleh manusia dan teknologi. Saya sangat terkagum saat di tampilkan mereka punya system keamanan cc tv di menara tinggi dimana ada kamera yang dapat bergerak fleksibel dan dapat di zoom sampai puluhan kali, bisa detail sampai ke wajah orang yang melintas. Di dalam ruangan server MSC juga terdapat banyak CCTV sebagai control perlengkapannya.

Ada satu point yang membuat saya terkejut, dimana mereka menggunakan perangkat jaringan terbaik dengan merk paling terkenal didunia. Wow, buat saya yang bekerja dijaringan sangat kagum, karena perangkat seperti ini sangat mahal harganya.

Saya (kiri) ketika sedang berada diruangan genset
Sayangnya tempat ini masih menggunakan pasokan listrik dari PLN dan saya menyangka apakah tempat ini akan kehilangan kemapuannya saat listrik mati. Mereka pun menjawabnya dengan menujukan kepada kami rungan baterai sebagai back up dan rungan genset sebagai daya yang disiapkan sebagai pemindahan transisi dari baterai.

Smartphone Saya Menggunakan XL pada SIM1

Ada satu pertanyaan melihat server yang besar itu, apakah semua transaksi data sms, voice call, dan chat-chat pengguna tersimpan disana? Ternyata tidak, XL tidak mencatat apapun kecuali history transaksi komunikasi dan lokasi pengguna kartu GSM XL.

Saya melepas katu data lama dan menggantinya dengan XL
Setelah melihat semua teknologi yang dihadirkan XL di MSC dan kemanan yang mereka siapkan untuk melindungi perangkat sebagai jantung seluler mereka. Kemudian dimana jaringan 4G yang telah XL siapkan untuk menjawab kebutuhan pelanggannya.

You Might Also Like

4 komentar

Comments
4 Comments