Pendakian Gunung Sibayak Sumatera Utara

11:00 PM

Brastagi | Pendakian Gunung Sibayak Sumatera Utara, Gunung Sibayak atau yang biasa di panggil oleh masyarakat setempat dengan nama “Gunung Raja” merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.212 m (wikipedia). Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1881.

Gunung ini terletak di dataran tinggi karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jaraknya dari pusat kota Medan sekitar 50 kilometer. Dalam bahasa karo puncak tertinggi gunung ini bernama “Takal Kuda” yang artinya “Kepala Kuda”.

Kawah gunung sibayak
Saat saya hiking ke Gunung Sibayak Sumatera Utara, rasanya tidak seperti naik gunung biasanya, karena pendakian gunung biasanya standart dengan waktu tempuh 7-10 jam, ini hanya dengan 1 jam perjalanan traking saya bisa sudah sampai di puncaknya. Ini di karenakan adanya jalur wisata yang membuat kendaraan bisa sampai ke ke leher gunung dengan membawa kendaraan.

Hutan pandan gunung sibayak

Ada beberapa akses jalan menuju gunung sibayak, diantaranya:
1. Jalur wisata, melalui desa Raja Berneh
Jalur ini melewati  pemandian wisata air panas Lau sidebuk-debuk. Jalur ini juga merupakan jalur favorit para pendaki pemula, karena akses dari jalur ini menuju sibayak sudah ada dan terbilang cukup mudah.
2. Jalur melalui Kota Berastagi
Pendakian pada jalur ini dimulai dari jalan setapak yang terletak di belakng Bukit Gundaling.
3. Jalur 54
Merupakan jalur penanjakan yang cukup menantang, karena pada jalur ini para pendaki akan melewati hutan yang masih asri dan tanjakan yang cukup curam.

Puncak gunung sibayak

Untuk menuju sibayak dapat di akses dengan kendara pribadi ataupun kendaraan umum, saya sarankan lewat jalur wisata saja yang sangat mudah aman dan jarak tempuhnya tidak jauh. Kendaraan bahan mobil roda empat bisa langsung parkir di camp ground yang berada dileher gunung.

Saat berada di puncak sibayak tentu saja kita dapat menikmati pemandangan yang begitu eksotis. Kota berastagi terlihat dari puncaknya begitu pula gunung berapi yang juga sama menariknya dengan sibayak yaitu gunung sinabung.

Berdiri di puncak saat sunrise di gunung sibayak

Walaupun ini merupakan gunung yang terbilang mudah untuk di daki, jangan meremehkannya. Tentusaja tetap harus membawa perbekalan yang cukup seperti makanan dan minuman serta jaket karena suhunya sangat dingin.

You Might Also Like

1 komentar

Comments
1 Comments