5 Hal Yang Dilakukan Jika Ban Motor Bocor

1:05 AM

5 Hal Yang Dilakukan Jika Ban Motor Bocor | Curhat dulu... Postingan ini aku tulis di tengah malam disaat raga ini butuh istirahat karena masih saja memikirkan skripsi, kegiatan yang harus menjadi tanggung jawab, tugas pekerjaan, dan dia (dia itu "kamu"). Aku mendapat inspirasi untuk menulis hal ini karena kemaren Ban Motor ku Bocor, jelas sangat kesal. Disaat aku akan pulang dari kantor, harus mendorong motor untuk tambal ban (nempel ban bahasa medannya). Jika ban motor kamu bocor, ikuti tips dibawah ini :

5 Hal Yang Dilakukan Jika Ban Motor Bocor

Motor saat berada di tempat tambal ban

1. Jangan panik dan bertanya

“Gila ban motor gue bocor, duh gimana nih, bisa telat nih gue, mana gak ada tambal ban lagi, duh haru dorong lagi, mala udah malam, bisa kena marah mama, siapa yang mau bantu gue, dasar motor gak tau diuntung!” Omelan-omelan yang tanpa sadar akan keluar darim mulut tanpa terkendali jika panik. Ya kalau ban motor bocor, jangan panik dan jangan ngomel, karena dengan ngomel dan kesal dengan ban motor bocor juga gak akan tiba-tiba jadi kembali menjadi baik. Perhatikan sekelilingmu. Jangan langsung memutuskan aku akan mendorong ke arah sana, tetapi tanyalah dengan warga sekitar, satpam, supir angkot, ojek atau tukang becak yang tau benar lokasi tambal ban terdekat dari posisi kamu. Dari informasi itu kamu akan dapatkan kemana kamu akan pergi mencari tukang tambal ban motor.

2. Siapkan tenaga untuk mendorong motor

Ini merupakan hal yang paling tidak menyenangkan dalam proses menuju tambal ban. Ngedorong motor! Sebelum memlulainya sebaiknya lepas dahulu semua perlengkapan yang menjadi beban di badanmu, seperti helm, jaket, dll. Tetapi tetap amankan barang berharga kamu, jangan sampai tas berisi laptop jadi sasaran empuk si tukang jambret. Jika ada makanan atau minuman sebaiknya kamu konsumsi diawal sebelum kamu menghabiskan tenaga.

3. Cari bantuan teman

Ini akan menjadi kewajiban yang harus kamu lakukan jika keadaan tertentu, misalnya kamu perempuan, tidak kuat dorong sepeda motor, kondisi dimalam hari atau saat kamu berada dijalan yang rawan tindak kejahatan. Keberadaan teman bisa menjadi teman semangat untuk bantu dorong motor dan paling tidak memperkecil tindak kriminal. Jika tidak ada bantuan yang bisa kamu cari, tinggalkan saja motornya dan cari kendaraan lain untuk kamu pulang kerumah, tetapi harus diperhatikan dimana kamu menitipkan motor. Misalanya di rumah sakit yang buka 24 jam, di hotel yang parkiranya ada yang jaga, ya intinya di tempat yang aman dan dijaga. Bila perlu menggunakan tiket untuk parkirannya. Jangan sampai karena titip motor, motor jadi malah hilang, masalah menjadi semankin besar.

4. Kendarai jika darurat

Ini pernah aku alami langsung, saat itu aku sendirian dari Medan menuju Pematang Siantar, tiba-tiba ban motor bocor dan lanngsung kempes habis. Aku berhenti sejenak, memperkirakan berapa jarak daerah huni ke depan yang terdapat tambal ban dari lokasiku dan berapa jauh daerah huni yang telah aku tinggalkan. Memperhitungkan apakah lebih dekat maju atau mundur. Dan ternyata sama saja, aku berada di kawasan hutan perkebunan karet dimana 10KM kedepan dan kebelakang baru ketemu tempat huni. Bayangkan berapa lama harus mendorong motor 10KM kedepan dengan kecepan 3KM/Jam dan itu belum termasuk berhenti istirahat. Aku memutuskan rela merusak ban dan harus mengganti dengan harga yang lebih mahal dari pada harus kehilangan waktu sebanyak itu dan menghabiskan tenaga untuk mendorong dan juga akan membahayakan keselamatan. Tapi sebelumnya aku membuka baut pengunci saluran udara ban lapisan bagian dalam (pentil) motor, agar memperkecil kemungkinan saluran masuk udara ini rusak dan sobek saat dikendarai dengan posisi ban kempes.

5. Tambal ban pada tempatnya

Ini dia tujuan utamanya, tambal ban yang bocor. Tambal lah di tempat yang benar, jangan pergi ke warung nasi padang untuk menambal ban, karena disana tidak ada tukang tambal ban. Perhatikan juga lokasi tambal ban, kamu boleh curiga dan memutuskan tidak mengikuti petunjuk jika pemberi petujuk alamat tambal ban mengarahkan kamu ke tempat yang sepi dan mencurigakan.

Ban motor kamu bocor? Itu artinya kamu perlu berjuang.” Semangat ya dorongnya” - semoga kata sederhana ini kamu dapatkan dari orang tersayang saat ban kamu bocor, karena jelas itu akan jadi sumber tenaga buat kamu. INIYUHA

You Might Also Like

8 komentar

Comments
8 Comments
  1. kampret, ini mah naluriah, gak perlu dikasih tips kahahaha

    kalo aku sebelum melakukan 5 hal tersebut, menyumpah serapah dulu, atau kalau lagi baik, merenung diri, "salah apa aku kok bisa bocor ban hehehe"

    ReplyDelete
  2. Hahahaha, ya inilah yang saya lakukan. Jika kamu juga melakukan hal yang sama, mungkin kita jodo*. Hahahahaha

    Kebanyakan lelaki bisa mandiri saat ban motor bocor, tetapi klo perempuan. Bisa panik dan akhirnya ngomel-ngomel ke motor.

    ReplyDelete
  3. wkwkwkw, ban bocor -___-" duh lelah la

    Cara paling ampuh, ambil HP mu ~ telpon kawan :P
    Pasang mata berbinar-binar

    ReplyDelete
  4. Hahaha yang nomer 4 pernah saya lakuin, dan setelah melakukannya saya menyesal, karena harus ganti ban dalem :D

    ReplyDelete
  5. Ah iya, belum pernah kepikiran titip di parkiran RS atau semacam nya, nice info.

    Masih sering ketemu orang baik yg bantui di jalan.. :')

    ReplyDelete