Tips Memilih Kursi yang Tepat di Pesawat

8:51 PM

Tips Memilih Kursi yang Tepat di Pesawat | Untuk seorang travel blogger saat melakukan perjalanan harus selalu siap dengan segala kondisi, mulai dari yang termelelahkan yaitu jalan kaki sampai yang terbang di udara. Kamu yang hobbynya traveling pasti tau serba-serbi agar aman dan nyaman saat melakukan perjalanan, seperti menggunakan sepatu yang tepat saat banyak berjalan atau membawa jas hujan saat sering menggunakan kendaraan beroda dua yang notabenenya tanpa atap. Disini aku akan berbagi tips bagaimana cara memilih kursi yang tepat dipesawat untuk kenyamana dan kebutuhan tertentu.

Gunung Singgalan dan Marapi dari atas pesawat
Gunung Singgalan dan Marapi dari atas pesawat

Cerita saat aku traveling ke Banda Aceh, dimana saat flight dari Banda Aceh menuju Medan kedua temanku memilih duduk disebelah jendela dan aku pun begitu. Hingga akhirnya kita bertiga duduk berada di baris kursi pesawat yang berbeda, padahal travelingnya barengan. Bukan karena alasan apa-apa, tapi masing-masing kita diam-diam adalah pemburu sunrise. Saat itu kita flight pukul 5 pagi dari Banda Aceh. Karena kita flight dari arah utara menuju selatan, artinya sisi timur ada disisi kiri pesawat, untuk mendapatkan gambar (cerdas). kita harus berada disisi kiri pesawat dan disebelah jendela, karena jika berada di lorong akan sulit mendapatkan gambar dan tentunya akan menggangu orang yang ada disebelah. Nah disini aku akan membahas bagaimana cara memilih tempat duduk di pesawat yang tepat, bukan sesuai dengan keinginan melainkan sesuai dengan kebutuhan. Karena siapa yang duduk dikursi itu akan berpengaruh terhadap kemajuan bangsa ini lima tahun kedepan (bukan untuk kursi presiden).
Denah Kursi Pesawat
Denah kursi pesawat

Kursi yang tepat di pesawat untuk si Buru-buru

Kamu punya janji pertemuan bisnis jam 8 pagi sementara pesawat mendarat jam 7 pagi. Kamu perlu waktu, waktu dan waktu disini. Ini adalah momen dimana kamu akan sangat merasakan waktu itu benar-benar mahal. Pemilihan kursi yang tepat bisa mengoptimalkan waktu kamu 15menit dari pada kamu tidak memilih kursi yang tepat. Kursi yang tepat dipesawat untuk si buru-buru adalah lorong. Jika kursi pesawat umumnya deretannya enam kursi [window] A-B-C | | D-E-F [window], maka C dan D (bukan rumus matematika) adalah kursi yang cocok buat kamu. Sebisa mungkin pilihlah bangku 5 terdepan, bila perlu belilah kursi prioritas atau kursi bisnis (biasanya lebih mahal). Aku tidak menyarankan untuk duduk di 3 terakhir, walau ada pintu belakang yang bisa membuat kamu keluar lebih cepat lewat belakang, kadang ada pesawat yang tidak membukakan pintu belangnya untuk keluar, untuk menghindari apes, sebaiknya pilihlah di deretan depan. Dan kamu si buru-buru, bawalah barang bawaanmu ke kabin pesawat karena menunggu bagasi pesawat akan menyita banyak waktumu.

Kursi yang tepat di pesawat untuk si Tukang Tidur

Tidak jarang ada jenis orang seperti ini, nyandar dikit langsung sleep (saya contohnya). Semua kursi cocok untuk jenis ini, karena dimana saja duduknya tetap sajaakan tidur. Tetapi ada tempat ternyaman, yaitu menempel dengan jendela dan berada di bagian tengah ke depan pesawat. Sebelah jendela membuat tidak ada orang yang akanmenggangu karena lalu-lalang ingin ke toilet. Berada di bagian tengah ke depan akan lebih tenang karena tidak berisik di bandingkan tengah kebelakang, karena berada di belakang mesin pesawat. Gunakan masker untuk menghindari kamu terlihat tidur sambil mangap atau bahkan lebih buruk dari itu (ngorok dan ileran). Pakai bantal leher itu bonus, karena aku yakin klo tukang tidur, dengan atau tanpa bantal ya tetap saja tidur.

Kursi yang tepat di pesawat untuk si Tukang ke Toilet

Kursi paling belakang adalah tempat yang tepat untuk kamu, karena apa? Di belakang ada 2 toilet sedangkan di depan hanya ada satu (jenis pesawat yang paling umum). Sehinngga tidak perlu antrian panjang dan kamu berada dekat dengan toilet. Pilihlah bagian lorong pesaawat (titik).

Kursi yang tepat di pesawat untuk si Tinggi yang Berkaki Panjang

Kamu tinggi? Kakimu panjang? Duduk di kursi reguler membuat kakimu menyangkut? Silahkan pilih kursi spesial ini. Ini merupakan tempat favoritku, kursi darurat! Karena jarak antara kursi ke kursi di bagian kursi darurat jauh lebih luas dari pada kursi umumnya. Lorong luas ini sengaja dibuat untuk digunakan sebagai jalur evakuasi darurat jika terjadi kadaan darurat di pesawat. Tetapi ada syarat untuk dapat duduk di kursi ini. Ini kursi khusus dewewa, anak-anak tidak di izinkan sebab mereka tidak akan mampu membuka pintu darurat pesawat yang besar itu secara manual.

Kursi yang tepat di pesawat untuk si Cowok Jomblo

Jelas kamu harus pilih yang tengah. Berdoa saja semoga berada diantara cewek dan jomblo juga. Ada lagi kursi yang lebih spesial. Jenis pesawat Boing 737-900ER meliliki kursi darurat penumpang yang berada di bagian tengah ke belakang. Kursi itu berada di sisi sabap sebelah kanan. 30-D atau 31-F, tempat duduk di pesawat boeing 737-900ER yang jika duduk di situ kita akan duduk di hadapan pramugari (hadap-hadapan). Kursi ini khusus dewasa, karena ini kursi darurat. Anak-anak gak boleh! Jika ingin ngobrol dengan pramugari, kursi yang tepat itu 31-E. Kalau mau pemandangan maka pilih 32-F, karena bersebelahan dengan jendela pesawat dan bertatapan langsung lurus dengan pramugari. "Anda belum beruntung" bisa saja terjadi, kalau yang duduk di kursi dekat pintu itu adalah pramugara (saya pernah). Buat perempuan yang pengen ngobrol sama pramugara, silahkan di coba.

Matahari terbenam dari pesawat terbang
Matahari terbenam dari pesawat terbang

Kursi yang tepat di pesawat untuk si Pemburu Sunset dan Sunrise

Ini yang paling penting (seperti yang aku ceritakan diatas), kamu harus benar benar mengerti memilih kursi untuk ini. karena salah tempat duduk sama saja kamu tidak dapat melihatnya. Kamu harus jeli melihat arah matahari, misalkan kamu dari Jakarta menuju Medan dan flight jam 6 sore. Jika ingin melihat matahari terbenam, kamu harus duduk di sebelah jendela sayap kiri atau kode kursi A. karena pesawat akan terbang dari Selatan ke Utara, dan matahari terbenam ada di isini barat. Kamu harus duduk di sisi jendela arah barat. Jika tidak, tak akan ada gambar yang kamu dapatkan.

Matahari terbenam dari pesawat terbang
Matahari terbenam dari pesawat terbang

Untuk menentukan kamu duduk dimana, bisa di request saat kamu check-in. bilang saja ke mbaknya, saya butuh kursi darurat. Atau saya ingin dekat jendela sebelah kanan, dengan ramah petugas pasti akan memberikan sesuai permintaan, kecuali memang kursi permintaan sudah tidak ada lagi. Jika kamu cowok jomblo, coba request duduk di sebelah cewek (saya belum pernah mencoba yang ini). Tips Memilih Kursi yang Tepat di Pesawat ini didapat dari pengalaman sendiri – INIYUHA

You Might Also Like

3 komentar

Comments
3 Comments
  1. Terus kalau jomblo, tukang tidur yang kalau tidur ileran dan mangap, harus duduk di seat sebelah mana, Kak? Hehehe :D



    Makasih sharingnya, bisa buat bekal kalau mau naik pesawat. :)

    ReplyDelete
  2. banyak typo. cek lagi gih, agak ga nyaman bacanya

    ReplyDelete
  3. makasih infonya semoga saya bisa keturutan naik pesawat, paling tidak kelak kalo naik haji hehe

    adibriza.com LBI2016

    ReplyDelete